'Jesus Himself'

'Jesus Himself'

Sejauh mana dampak positif drai terbentuknya BPIP?

Sejauh mana dampak positif drai terbentuknya BPIP?

Jawaban:

Adapun dampak positif dari terbentuknya BPIP adalah :

  • Adanya badan yang membina tentang ideologi Pancasila
  • Adanya koordinasi tentang pembinaan ideologi Pancasila
  • Pendidikan menjadi terarah dengan berdasarkan ideologi Pancasil

Penjelasan:

BPIP atau kepanjangannya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila merupakan lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden dan memiliki tugas dalam merumuskan arah kebijakan pembianan ideologi Pancasila, melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial negara, dan komponen masyarakat lain.

BPIP sendiri di bentuk dengan latar belakang adanya ancaman terhadap ideologi pancasila. Ancaman itu sendiri berupa gerakan gerakan radikal yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain. Dalam survey juga telah dijelaskan bahwa 9 persen rakyat Indonesia itu tidak setuju ideologi Pancasila. 9 persen sendiri dari jumlah seluruh rakyat Indonesia sekitar 24 juta rakyat tidak setuju dengan Ideologi Pancasila ini dan berusaha mengekspose mengenai ini, sehingga menggunakan media sosial yang juga dapat menjadi brainwash untuk kelompok masyarakat lain.

Hal tersebut lah yang menjadi latar belakang dalam terbentuknya BPIP, yang lembaga ini lakukan adalah menjaga nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Sehingga BPIP juga telah meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) kembali menghidupkan pelajaran Pancasila.

Sehingga Pancasila dapat menjadi ideologi yang baik dan benar, dan masyarakat apalagi generasi Milineal dapat memahami dan mendarah dagingkan ideologi Pancasila ini. Sehingga tidak ada lagi adanya gerakan radikal dalam menolak ideologi Pancasila apalagi mengganti ideologi tersebut. Dengan menanamkan nilai-nilai ideologi pancasila sejak dini akan berdampak besar terhadap pertumbuhan masyarakat yang menolak ideologi pancasila ini.

Pelajari lebih lanjut :

  1. Materi tentang ideologi pancasila https://brainly.co.id/tugas/33999193?tbs_match_experiment=3
  2. Materi tentang BPIP https://brainly.co.id/tugas/44192004?tbs_match_experiment=3
  3. Materi tentang dampak positif BPIP https://brainly.co.id/tugas/46660178?tbs_match_experiment=3

Detail jawaban :

Kelas : 8

Materi : PPKn

Bab : Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Dasar Negara Indonesia

Kode : 8.9.1

#JadiRangkingSatu

[answer.2.content]