'Jesus Himself'

'Jesus Himself'

B. Indonesia Sekolah Menengah Atas 1. Berdasarkan teks di atas, cobalah untuk menganalisis struktur teks pidato persuasif dengan memperhatikan hal-hal berikut.

a. Pembukaan
b.isi
c.penutup

2. Menurutmu apa yang membuat pidato persuasif di atas menarik?

3. Apakah kamu menemukan kalimat emotif? Bagian mana yang menunjukkannya?

4. Ajakan apa yang disampaikan oleh pembicara pidato persuasif di atas kepada pendengar?​

1. Berdasarkan teks di atas, cobalah untuk menganalisis struktur teks pidato persuasif dengan memperhatikan hal-hal berikut.

a. Pembukaan
b.isi
c.penutup

2. Menurutmu apa yang membuat pidato persuasif di atas menarik?

3. Apakah kamu menemukan kalimat emotif? Bagian mana yang menunjukkannya?

4. Ajakan apa yang disampaikan oleh pembicara pidato persuasif di atas kepada pendengar?​

1. Struktur teks persuasif dalam teks tersebut

a. Pembukaan : Assalamualaikum wr wb. Bapak Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu Guru yang saya hormati ... kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat

b. Isi : Pada kesempatan yang baik ini ... Oleh karena itu kita tekatkan diri kita masing masing untuk mencintai lingkungan. (Paragraf 2 - 5)

c. Penutup : Demikian pidato saya ... Wassalamualaikum wr. wb

2. Yang membuat pidato persuasif tersebut menarik adalah karena pidato tersebut mengajak kita untuk mencintai lingkungan. Dimana hal ini merupakan masalah dunia yang sedang kita alami akibat dari adanya global warming. Pidato ini menjadi menarik karena dalam pidato tersebut mengajak para remaja atau generasi muda untuk senantiasa menyadari pentingnya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan atau bumi  yang kita tinggali ini dengan cara paling sederhana yaitu menanam pohon.

3. Kalimat emotif dalam pidato tersebut terdapat pada kalimat '' Oleh karena itu, mari kita tekadkan diri masing masing untuk mencintai lingkungan.''

4. Ajakan yang disampaikan oleh pembicara dalam pidato tesebut adalah untuk senantiasa para generasi muda menyadari betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan yang kita tinggali. Dimana saat ini telah terjadi berbagai permasalahan yang salah satunya adalah global warming. Oleh karena itu, pembicara mengajak para pembaca untuk melakukan penanaman pohon satu pohon di setiap kelas agar gas karbondioksida berkurang dan bisa tergantikan dengan adanya oksigen dari pohon pohon tersebut.

Pembahasan:

Teks Persuasif adalah sutau teks yang bertujuan untuk meyakinkan, mengajak dan mempengaruhi audiens atau pembacanya untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Tulisan atau teks yang ditulis dalam teks persuasi memiliki sifat yang subjektif atau dengan kata lain isinya murni dan merupakan pandangan pribadi penulisnya mengenai suatu topik.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi teks persuasif pada https://brainly.co.id/tugas/14161830

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]